Tips Membangun Kepercaayaan Toko Online - Bagi setiap pelaku bisnis, terutama bagi para pelaku
bisnis online membangun sebuh kepercayaan terhadap pelanggan merupakan harta yang paling berhaga dan menjadi sebuh tantangan tersendiri. Lantaran pada umumnya pembeli yang akan membali barang di toko online terkadang merasa takut dan ragu takut di tipu oleh toko online tersebut.
Ketakutan itu sendiri sebenarnya akibat banyaknya para “oknum” pebisnis online “abal–abal” yang banyak seliweran di Internet yang sekilas tampilannya tidak jauh berbeda dengan toko online yang benar-benar menjual suatu barang atau peroduk, hal itulah yang membuat para pembeli semakin hati-hati jika ingin melakukan pembelian pada toko online, padahal banyak toko online yang memang benar-benar berjualan.
|
Bagaimana Cara Membangun Kepercaayaan Toko Online |
Karena itulah jika ingin membangun kepercayaan toko online para pelaku bisnis harus pandai-pandai sendiri untuk mendapatkan kepercayaan itu sendiri, nah berikut ini adalah beberapa tips untuk bisa membangun kepercayaan para pelanggan di toko online:
Menyajikan Informasi yang Benar Terkait Barang/Produk Yang Dijual
Sangat penting bagi para pelaku bisnis online untuk memberikan informasi yang jujur dan benar terkait barang yang akan dijual. Jujur terhadap pelanggan anda terkait keunggulan dan kelebihan barang yang anda jual. Patikan pelanggan anda benar-benar mengetahui informasi detai barang yang anda jual. Sajikan gambar asli produk/barang ayang anda jual. Jangan hasil googling. Karena pelanggan pastinya akan merasa sangat kecewa jika ternya barang yang mereka terima berbeda dengan apa yang ada di katalog atau yang ditampilkan di toko online anda. Dan tentunya hal ini dapat merugikan anda dikemudian hari.
Memberikan Kemudahan Untuk Dikontak
Cantumkan contact person dengan lengkap dan benar untuk memberikan kemudahan bagi calon atau pelanggan toko online anda untuk dapat dengan mudah menghubungi lewat telepon/sms. Dan akan sangat lebih abik jika toko online anda terhubung dengan media sosial lainnya seperti BBM, WhatsApp, Line, dan media sosial lainnya. Karena hal tersebut akan menambah kenyamanan bagi pelanggan anda untuk menghubungi anda, akan semakin banyak cara untuk menghubungi anda, maka dapat membuat tingkat kepercayaan pelanggan semakin tinggi terhadap toko online anda.
Dan yang penting lainnya ialah pastikan menjawab setiap pertanyaan, pesanan dengang cepat dan seramah mungkin. Jangan sampai pelanggan anda menunggu balasan dari anda dalam waktu yang lama, karea biasanya akan dapat menimbulkan keraguan terhadap toko online anda.
Jaminan Kepuasan/Kebijakan Penukaran Barang atau garansi
Selain ketakutan akan di tipu oleh toko online pembeli juga merasa was-was bagai mana jika barang yang dikirim oleh pihak toko online tidak sesuai dengan pesanan, tidak sesuai dengan yang dideskripsikan pada toko online. Tentunya konsumen membutuhkan garansi jika barang yang akan dikirimkan sesuai dengan yang ada di katalog toko online.
Oleh karena itulah penting bagi sebuah toko onkine untuk memiliki kebijakan memberikan garansi atau penukaran barang atau bahkan pengembalian uang apabila barang yang di kirim tidak sesuai pesanan, mengalami kerusakan atau tidak sampai pada tujuan, entah itu kesalahan dari pemilik toko online karena tidak dilakukan pengecekan sebelum pengiriman atau karena kesalahan pengiriman barang. Tentunya anda harus sudah siap dengan kesalahan yang sepert ini dan sudah memiliki kebijakan untuk mengatasinnya dan usahakan untuk menamilkan kebijakan ini di toko online anda.
Tampilkan Testimoni Pelanggan
Perlu bagi anda untuk mencantumkan testimoni pelanggan bukti transaksi penjualan/pengiriman barang yang telah anda lakukan. Akan sangat bermanfaat sekali bagi toko online anda menampilkan testimony positif dari pelanggan anda yang sudah percaya pada toko online anda. Pastinya setiap pelanggan yang puas dengan pengiriman atau barang yang dikirim sesuai denganpelanggan pastinya mereka akan memberikan komentar positif pada toko online anda. Jadi tidak akan sulit bagia anda untuk menampilakan testimoni pelanggan. Yang perlu dipastikan dalam menampilkan testimony ialah menampilkan testimoni asli dari pelanggan, bukan rekayasa yang anda buat-buat sendiri. Semoga artikel tentang
Tata Cara Membangun Kepercayaan Sebuah Toko Online ini bermanfaat.